Malaysia Jangan Klaim Kain Songket

Agustus 29, 2009 pukul 4:19 am | Ditulis dalam Berita Terkini | Tinggalkan komentar
Tag:
Kain Songket Palembang

Kain Songket Palembang

Palembang – Kain Songket tidak boleh diklaim sebagai produk khas sebuahbangsa di Asia Tenggara, khususnya di wilayah pesisir, termasuk Malaysia. Sebab sejak puluhan abad lalu, kain ini menjadi milik seluruh bangsa yang ada di sepanjang pesisir Asia Tenggara.

“Klaim Malaysia itu tidak benar. Kain songket milik Asia Tenggara,” kata Yudhy Syarofie penulis buku ‘Songket Palembang; Nilai Filosofis, Jejak Sejarah, dan Tradisi’, yang dihubungi detikcom, Sabtu (29/08/2009) pagi.

Namun, bila bicara motif kain songket, maka hal itu berbeda. “Tapi kalau motif kain Songket itu lain lagi persoalannya. Kalau Malaysia itu mempatenkan motif kain Songket Palembang, kita dapat mempersoalkannya. Kita gugat,” kata Yudhy.

“Tapi, persoalannya, pemerintah Indonesia mau tidak sidang sampai ke Mahkamah Internasional? Dari dulu wong kita ini lembek,” sambung dia.

Malaysia Beli Mesin Kain Songket Palembang

Sebelum ada klaim bahwa kain Songket berasal dari Malaysia, sejumlah orang dari Malaysia pernah datang ke Palembang, tepatnya ke kampung Suro, 30 Ilir, sentra kain Songket di Palembang, sekitar tahun 1980-an awal. Saat itu mereka membeli peralatan pembuatan kain Songket Palembang, seperti gedokan, dayan, sama pirantinya.

“Harganya saat itu hanya Rp1,5 juta. Mereka beli 5 unit pembuat kain Songket Palembang,” kata Yudhi. Nah, sejak tahun 1980-an pula, kain Songket Palembang mulai dipasarkan ke Malaysia.

Menurut Yudhy, Malaysia memang punya kain Songket, tapi motifnya beda dengan Palembang. Tahun 1950-an, sentra kain Songket-nya di Trengganu. “Kalau tidak salah mereka hanya punya 60 motif,” ujar Yudhy.

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: